BODY CONDITION SCORING - FORMULASI RANSUM - JUDGING SAPI PERAH (2015)

Pada tanggal 7-8 November 2015, Kelompok Studi Profesi Ternak Perah telah melaksanakan kegiatan tahunan yaitu JSP (Judging Sapi Perah). Kegiatan ini rutin dilakukan setiap setahun sekali dengan harapan kegiatan JSP dapat menambah wawasan mahasiswa dan peternak sapi perah mengenai manajemen pemeliharaan dan pemilihan bibit sapi perah yang baik.

Ada yang berbeda pada kegiatan JSP pada tahun 2015 ini, yaitu ditambahkannya kegiatan BCS (Body Condition Scoring) dan FPSP (Formulasi Pakan Sapi Perah) dalam rangkaian kegiatan JSP. Kegiatan BCS bertujuan untuk memberikan wawasan dan pelatihan pada peserta tentang bagaimana menentukan skor tubuh sapi perah dilihat dari kondisi tubuh sapi tersebut, ditambah apakah skor yang diperoleh merupakan skor ideal atau tidak. Kemudian kegiatan FPSP bertujuan untuk melatih peserta memformulasikan pakan untuk sapi perah menggunakan aplikasi berbasis Microsoft Excel yang telah dibuat sedemikian rupa, sehingga peserta hanya perlu "bermain" angka untuk menyusun pakan yang sesuai dengan kebutuhan nutrisi sapi perah.

Peserta JSP 2015 terdiri dari mahasiswa jurusan peternakan yang berasal dari beberapa univeritas di Pulau Jawa, Kelompok Peternak dari beberapa daerah di Kabupaten Bandung, dan siswa SMK Peternakan di sekitar Tanjungsari Sumedang

Ir. R. Abdullah Fathul Alim, MP. dari Dinas Peternakan Provinsi Jawa Barat sebagai pemateri pada kegiatan JSP 2015
Suasana peserta di Amphiteater Gedung 4 Fapet Unpad saat berlangsungnya materi 
Pada kegiatan JSP 2015 ini, peserta tidak hanya menerima wawasan dan ilmu berupa teori saja, tetapi peserta juga melaksanakan praktek yang diadakan langsung setelah materi usai. Ini dimaksudkan agar materi yang disampaikan oleh pemateri bisa lebih dipahami oleh peserta jika dilakukan praktek, tidak hanya sekedar teori.


Suasana saat praktek BCS dan Judging di Kandang Laboratorium Ternak Perah Fakultas Peternakan Universitas Padjadjaran
Kegiatan JSP 2015 tidak hanya sekedar teori dan praktek saja, tetapi juga diadakan perlombaan menentukan BCS dan nilai judging. Bagi peserta yang dapat menentukan skor mendekati/menyerupai skor yang dimiliki oleh Pak Abdullah, maka bisa menjadi pemenang. Pemenang lomba JSP 2015 terdiri dari 3 juara. Juara 1 berasal dari Universitas Diponegoro (UNDIP), juara 2 berasal dari Universitas Jenderal Soedirman (UNSOED), dan juara 3 berasal dari Universitas Padjadjaran (UNPAD).

Kami panitia JSP 2015 berharap kegiatan ini memberikan banyak manfaat pada peserta dan panitia, Semoga tahun depan kegiatan JSP dapat dilaksanakan kembali dengan konsep yang lebih menarik.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima kasih telah berkunjung dan membaca. Silahkan isi kritik, saran, ataupun komentar untuk kami agar lebih baik ke depannya.