Susu Sapi BERBAHAYA dan TIDAK LAYAK KONSUMSI?


Dr. Hiromi Shinya adalah seorang ahli bedah gastroenterologi dari Albert Einstein College of Medicine. Penulisan buku The Miracle of Enzyme ternyata diilhami oleh pengalaman seorang anaknya yang mengalami gangguan saluran cerna yang diperberat oleh susu sapi. Demikian juga hal ini ditemukan pada sebagian pasien yang dioperasinya.




Berikut adalah dampak bahaya susu yang menurut Dr. Hiromi Shinya:
  1. Tak ada makanan lain yang lebih sulit dicerna daripada susu sapi.
  2. Kasein yang membentuk kira-kira 80% dari protein yang terdapat dalam susu, langsung menggumpal menjadi satu begitu memasuki lambung sehingga menjadi sangat sulit di cerna.
  3. Komponen susu yang dijual di toko telah dihomogenisasi dan menghasilkan radikal bebas.
  4. Susu yang dipasteurisasi tidak mengandung enzim-enzim berharga, lemaknya teroksidasi dan kualitas proteinnya berubah akibat suhu yang tinggi.
  5. Susu yang mengandung banyak zat lemak teroksidasi mengacaukan lingkungan dalam usus, meningkatkan jumlah bakteri jahat, dan menghancurkan keseimbangan flora bakteri dalam usus.
  6. Jika wanita hamil minum susu sapi, anak-anak mereka cenderung lebih mudah terjangkit dermatitis atopik (penyakit radang kulit yang parah).
  7. Minum susu terlalu banyak menyebabkan osteoporosis.
  8. Orang yang minum susu sapi saluran cernanya rusak.

Kontroversi opini kesehatan sering timbul di dalam masyarakat karena globalisasi dan kecanggihan informasi teknologi yang sangat pesat. Berbagai informasi kesehatan dengan sangat cepat bisa melalui media masa atau media online. Setiap orang bahkan bukan ahli kesehatanpun dapat dengan bebasnya menyebarkan opini kesehatan tanpa tahu benar tidaknya informasi kesehatan itu secara ilmiah. Selain itu pada umumnya masyarakat awam sering salah dalam menginterpretasikannya. Kontroversi informasi kesehatan seringkali juga ditimbulkan oleh opini dokter, dokter ahli atau pakar kesehatan.

Dalam keadaan seperti ini, masyarakat dituntut tidak mudah percaya dan harus cermat, cerdas dalam mencari dan mengolah informasi. Pihak yang terpengaruh oleh informasi kesehatan tidak benar bukan hanya masyarakat berpendidikan rendah, masyarakat berpendidikan tinggi yang bukan berlatar belakang kesehatanpun sudah banyak yang terbuai informasi kesehatan yang salah arah.

Umumnya peternakan sapi perah yang berproduksi susu secara alami tidak akan memberikan dampak negatif bagi kesehatan manusia karena kandungan yang ada didalam susu sangat bermanfaat untuk kesehatan manusia. Hanya saja opini ini bisa saja dipengaruhi oleh berbagai faktor, baik dari sudut persaingan pasar, kebiasaan seseorang untuk minum susu, atau pun penggunaan bahan-bahan tambahan yang berlebihan sehingga dapat menimbulkan dampak negatif terhadap susu sapi. Apalagi dilihat dari besarnya konsumsi susu masyarakat di Indonesia, namun masih tergantung untuk impor, dimana Menurut Wakil Menteri Pertanian (Wamentan RI 2013) Rusman Heriyawan, 70% pasokan dari impor dan 30% produksi dari lokal.

Namun, ini hanya sebagian dari banyaknya opini tentang dampak negatif terhadap susu, untuk tindakan lebih lanjutnya terserah ke kepercayaan, keyakinan, dan kesadaran masyarakat sendiri apalagi sudah didukung dengan cepatnya laju globalisasi yang mana bisa dengan gampang untuk mencari informasi dan mengolahnya dengan bijak. Semoga bangsa ini lebih cerdas dan arif menyikapi kemajuan informasi yang demikian hebat, demi kemajuan kesehatannya.

2 komentar:

  1. Informasi yang sangat bermanfaat!

    Sering kali isu-isu negatif menyebar dengan cepat, dan terkadang kebanyakan masyarakat awam bahkan mungkin masyarakat berpendidikan menerima suatu informasi dengan mentah-mentah. Padahal di zaman sekarang yang sudah terbilang modern, masyarakat harusnya bisa lebih cerdas dalam mengolah dan menganalisis semua informasi yang ada. Maka dari itulah, diperlukan adanya penerus bangsa yang dapat membantu untuk memberikan informasi yang baik atau buruk untuk masyarakat ke depannya. Bersikap bijaklah dalam menerima suatu informasi.

    Sukses terus KSPTP! Tetap Solid!:)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih kak!
      Benar sekali. Ayo bagi anak muda penerus bangsa bergerak!

      Amin! KSPTP, SOLID SOLID SOLID!🐮🚩

      Hapus

Terima kasih telah berkunjung dan membaca. Silahkan isi kritik, saran, ataupun komentar untuk kami agar lebih baik ke depannya.